Pembelajaran Demokrasi, Pilketos Berbasis E-Voting di SMKN 1 Kaligondang

Pembelajaran Demokrasi, Pilketos Berbasis E-Voting di SMKN 1 Kaligondang

PURBALINGGA – Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMKN 1 Kaligondang diselenggarakan satu tahun sekali yang biasa dikenal dengan istilah Pemilihan Umum Ketua OSIS (PILKETOS). PILKETOS merupakan pembelajaran praktik berdemokrasi di tingkat sekolah menengah dengan penyelenggara oleh peserta didik diharapkan bisa memberikan bekal pengalaman yang berguna dimasa mendatang dalam menghadapi proses demokrasi yang lebih luas, seperti Pemilu. Peserta didik diperkenalkan tata cara dan tahapan yang ideal dalam pelaksanaan PILKETOS sebagai bagian dari proses demokrasi.

Pada tahun ini kegiatan tersebut dikolaborasikan dengan kegiatan penguatan projek pelajar pancasila, karena SMKN 1 Kaligondang secara resmi menerapkan kurikulum merdeka.

Menurut Banung Indrawati, S.Pd, selaku Waka Kesiswaan sekolah tersebut mengatakan, kegiatan Pilketos yang dilaksanakan secara demokratis memberikan ruang kepada peserta didik untuk menumbuhkan sikap demokratis dan bertanggung-jawab dengan menerapkan asas demokratis yang LUBER (langsung, umum, bebas dan rahasia) dalam menyampaikan aspirasi dan pilihan hati nurani terhadap kandidat pasangan calon ketua OSIS.

“Kegiatan pemilihan ketua OSIS berjalan tertib dan penuh antusias. Pembina Osis Pak Ari Budi, koordinator projek P5 Pak Tony dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) diketuai Pak Tri Yulianto memandu kegiatan Pilketos berkolaborsi dengan panitia pemilihan ketua OSIS,” ungkapnya menjelaskan.

Sementara itu Tri Yulianto, S.Pd selaku ketua MPK saat dikonfirmasi menyampaikan, PILKETOS SMKN 1 Kaligondang masa bhakti 2022/2023 menerapkan pemungutan suara berbasis elektronik e-voting pada Senin, 24 Oktober 2022. Pelaksanaan PILKETOS ini diharapkan dapat memberikan hasil pemilihan yang berintegritas dan dapat dipertanggungjawabkan, Rabu, (26/10/2022).

“Berbasis e-voting, dengan agenda kampanye pada 14 Oktober 2022, debat dan orasi calon ketua OSIS pada 19 Oktober 2022 dan Pemilihan calon ketua OSIS pada 24 Oktober 2022,” terangnya.

Tri juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas penyelenggaraan Pilketos ini, dimana terjalin kerjasama yang baik dari semua stakeholder sekolah, baik dari kepala Sekolah, kesiswaan, unsur guru, staf TU maupun peserta didik.

“Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, bahu-membahu menyelesaikan tahapan pemilihan ini,” ucap Tri.

Sementara kepala sekolah Trisna Widada, S.Pd menyampaikan, kegiatan ini merupakan ajang praktik pembelajaran siswa dalam berdemokrasi secara modern di era digital seperti sekarang ini. Ia meminta semua warga sekolah untuk berpartsipasi aktif menggunakan hak pilihnya baik siswa maupun bapak ibu guru maupun karyawan sekolah tersebut.

“Mohon untuk diikuti penyampaian visi misi Paselon 1 dan 2 serta gunakan hak pilih dengan baik, ” katanya saat memimpin rapat.

Berdasarkan hasil perolehan pemilihan secara e-voting dari 2 calon dan berdasar sidang pleno panitia pemungutan suara pada Senin, 24 Oktober 2022 Paslon 1 Endra Setiawan (XI TP 2) dan Fairuz Afiyati (XI AKL 3) memperoleh 1149 suara, Paslon 2 Abdul Muzhafar (XI TP 3) dan Chelshe Mutia R (XI AKL 2) memperoleh 481 suara dengan total prosentase partisipasi warga sekolah 97,08 persen. Dengan demikian Paslon 1 terpilih sebagai Ketua OSIS dan wakil. (RP)

PENDIDIKAN